KKG sebagai kelompok kerja seluruh guru dalam satu wilayah,
pada tahap pelaksanaannya dapat dibagi ke dalam kelompok kerja guru yang lebih
kecil, yaitu kelompok kerja guru berdasarkan jenjang kelas, dan kelompok kerja
guru berdasarkan atas mata pelajaran. Untuk itu KKG memiliki tujuan, (1)
memfasilitasi kegiatan yang dilakukan di pusat kegiatan guru berdasarkan
masalah dan kesulitan yang dihadapi guru, (2) memberikan bantuan profesional
kepada para guru kelas dan mata pelajaran di sekolah, (3) meningkatkan pemahaman,
keilmuan, keterampilan serta pengembangan sikap profesional berdasarkan
kekeluargaan dan saling mengisi (sharing), (4) meningkatkan pengelolaan proses
pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan (Pakem).
Melalui KKG dapat dikembangkan beberapa kemampuan dan
keterampilan mengajar,, bahwa keterampilan mengajar guru sangat memengaruhi
terhadap kualitas pembelajaran di antaranya; keterampilan bertanya,
keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan
menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memimpin
diskusi kelompok kecil dan perorangan.
Berdasarkan tujuan dan sasarannya, KKG akan mampu memberikan
solusi, dan sebagai sarana meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru MI
sesuai harapan dan tuntutan.